Ekstrak File .RAR Melalui Terminal

File RARPernah dikirim file dengan ekstensi .rar?

Mau ekstrak, bingung aplikasinya?

Nah, kali ini saya mau berbagi pengalaman sedikit. Curhat bentar yah 😀

Jadi, minggu kemarin saya dikirim file oleh teman saya. Ekstensi filenya berupa .rar. Berhubung belum instal aplikasi untuk ekstrak file .rar, maka saya pun buka terminal dan mencari aplikasinya. Dan, ternyata ADA!!!

Selesai instal, saya langsung ekstrak file .rar nya. Dan, ada masalah disini. Hasil ekstraknya eror. Gak bisa digunakan. Padahal, isinya berupa tugas dan harus dikumpulkan saat itu. Baca lebih lanjut

Memasang Flash Player Di Web Browser Chromium (Manual)

chromium_iconHai…

Tulisan yang lalu, saya sempat menyinggung bahwa cara memasang flash player untuk browser tidak hanya satu cara. Kali ini, saya akan memberitahu cara yang lain dengan cara manual.

Emang agak ribet sih, tapi gak ada salahnya kalo kalian juga tahu cara ini. Karena, flash player yang tersedia di repository kemarin masih belum terlalu bagus bagi saya. Kadang, ada beberapa video yang ketika diputar hanya suaranya saja yang ada, gambarnya blank hitam. Bahkan ada yang tidak bisa diputar. Baca lebih lanjut

Menginstal Aplikasi Terminal

gnome-terminalKetika selesai menginstal ulang debian, saya cukup bingung. Karena, aplikasi yang menurut saya cukup penting tidak terpasang secara otomatis.

Aplikasi ini berfungsi ketika kita akan menginstal, menghapus, update, upgrade, menjalankan program, setting, dsb. Dan, dari kemaren saya juga suka nulis tutorial diblog. Isinya juga pasti ada perintah menggunakan terminal. Lalu, jika aplikasi ini tidak ada, bagaimana caranya saya bisa melakukan semua hal tadi? 

Tenang, tenang 😀 Baca lebih lanjut

Cara Terhubung Ke Jaringan Wireless Melalui Terminal

wifiTulisan ini mungkin ada hubungannya dengan tulisan saya sebelumnya.

Pernahkah temen-temen mengalami kasus seperti ini?

setelah selesai instal linux, tombol wireless dan lan untuk terhubung ke internet tidak ada. Padahal, ketika proses instal berlangsung wireless dan lan sempat terbaca dan tidak ada masalah.

Ketika mengalami masalah seperti diatas, kira-kira solusi yang temen-temen pikirkan apa? Baca lebih lanjut

Memasang Flash Player Di Web Browser (Melalui Repository)

nohtml5-downloadSebenarnya, memasang flash player di web browser bukanlah hal yang aneh dan baru. Hal ini sering dilakukan oleh temen-temen ketika selesai instal sistem operasi di komputer dan instal browser.

Memang ada browser yang otomatis instal flash player ketika proses instalasi berlangsung misalnya, chrome. Kegunaan flash player itu sendiri biasanya untuk memutar video yang ada di web. Jika flash player tidak di instal, maka video yang ada di web tersebut (jika web yang bersangkutan menggunakan flash player sebagai pemutar videonya) tidak bisa dimainkan. 

Merepotkan? Tergantung sih. Kalo flash player dipasang otomatis ketika proses instalasi, yang enggak repot. Tapi kalo harus manual, mungkin iya 😀
Baca lebih lanjut