Ekstrak File .RAR Melalui Terminal

File RARPernah dikirim file dengan ekstensi .rar?

Mau ekstrak, bingung aplikasinya?

Nah, kali ini saya mau berbagi pengalaman sedikit. Curhat bentar yah 😀

Jadi, minggu kemarin saya dikirim file oleh teman saya. Ekstensi filenya berupa .rar. Berhubung belum instal aplikasi untuk ekstrak file .rar, maka saya pun buka terminal dan mencari aplikasinya. Dan, ternyata ADA!!!

Selesai instal, saya langsung ekstrak file .rar nya. Dan, ada masalah disini. Hasil ekstraknya eror. Gak bisa digunakan. Padahal, isinya berupa tugas dan harus dikumpulkan saat itu.

Setelah mencoba browsing, solusi pun ditemukan. Ternyata, saya menggunakan aplikasi unrar yang free. Seharusnya menggunakan yang non free.

Aplikasi unrar sudah tersedia di repository. Aplikasi ini tersedia di folder non-free. Sebelum instal, ada baiknya cek alamat repository dulu

nano /etc/apt/sources.list

source.list

source.list

JIka belum ada folder non-free, silahkan ditambahkan.

Lakukan update

apt-get update

Saatnya instal

apt-get install unrar

Setelah instal, langsung saya coba untuk ekstrak. Dan, hasilnya sukses 100% 😀

unrar e nama_file.rar

Jika butuh bantuan dalam penggunaan aplikasi, ketik

unrar –help

atau

unrar

Punya pengalaman atau kasus yang sama? Silahkan dicoba 😀

Tinggalkan Balasan

