MySQL: Export dan Import File .sql Melalui Terminal

mysqlExport

Import

Dua kata diatas bukanlah hal yang asing lagi ditelinga kita. Istilah diatas biasa digunakan ketika ingin mengambil file dari luar aplikasi dan menyimpan file dengan tipe file berbeda.

Di mysql, perintah ini biasa digunakan untuk mengembalikan (import) dan mem-backup (export) file .sql.

Mungkin, bagi temen-temen yang sudah terbiasa menggunakan phpmyadmin, kegiatan untuk mem-backup dan mengembalikan file .sql adalah hal yang mudah. Tinggal klik, semua beres. Tapi, bagaimana jika hal tadi digunakan melalui terminal? ­čśÇ

Sama mudahnya kok. Tinggal mengetikkan perintah, semua beres. perintahnya juga tidak panjang. Hanya satu baris saja. Mari langsung ke TKP.

Sebelum melihat perintahnya, akan lebih enak dan mudah memahami jika dibuat contoh kasusnya. Misalnya seperti ini, ketika teman-teman membuat database, dan ingin menggunakannya dikomputer yang lain. Hal yang harus dilakukan pertama kali adalah melakukan backup/export file. Anggap ada 2 komputer. Komputer yang pertama kita namakan comp1 dan komputer 2 dinamakan comp2. Ceritanya, temen-temen sudah membuat database bernama aditya, dan ingin melakukan backup. Perintah untuk melakukan backup (export):

mysqldump -u USER -p NAMA_DATABASE > NAMA_FILE.sql

contoh: mysql -u root -p aditya > aditya.sql

Ketika database aditya sudah berhasil dibackup dari comp1, sekarang saatnya mengembalikan aditya.sql pada database comp2. Perintah untuk mengembalikan (import):

mysql -u USER -p NAMA_DATABASE < NAMA_FILE.sql

contoh: mysql -u root -p coba < aditya.sql

TADAAA!!!!

Untuk nama databasenya, pakai saja nama database yang ada. Soalnya, ketika saya mencoba, nama database yang digunakan untuk import seperti pengalih saja. Karena didalam aditya.sql sudah ada nama database, jadi tidak akan menimpa database yang dijadikan pengalih oleh kita. Oke.. aditya.sql sudah diimport dengan sempurna. Cara ceknya –> masuk ke mysql, lalu ketik perintah:

SHOW DATABASES;

Oh iya, perlu diketahui. Ketika melakukan proses import, temen-temen tidak perlu masuk ke mysql. Langsung saja mengetikkan perintah melalui terminal. Nah.. Ketika melakukan proses export, ya harus masuk mysql dulu.

Mudahkan?

Selamat mencoba ­čśÇ

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s