Python: Aplikasi Desktop Widget menggunakan PyQt4

Desktop Widget

Desktop Widget

Yap…

Setelah libur menulis selama 1 minggu, akhirnya saya bisa kembali menulis di blog šŸ˜€

Sebenarnya, aplikasi ini sudah lama saya buat. Sekitar 2 bulan yang lalu lah. Aplikasi ini terinspirasi dari kebiasaan saya sewaktu masih kuliah *curhat dikit yah*

Sewaktu kuliah, saya dan teman saya sering mengikuti kegiatan seminar. Entah itu dari dalam kampus ataupun dari luar kampus. Mulai dari yang gratisĀ sampai yang berbayar, kami pasti ikut. Walaupun materi yang disampaikan gak ada yang ngerti, kami juga tetap bela-belain buat ikut. Bahkan, pernah sampai tidak masuk kelas (jangan ditiru yah šŸ˜€ )

Kami lakukan semua itu demi selembar kertas. Yaitu sertifikat. Ya, sertifikat. Karena selalu mengincar sertifikat di seminar, kami menjuluki diri kami sebagai certificate hunter šŸ˜€ (sepertinya, terlalu kekanakan yah? Hhahaha. Yaa… Tapi memang begitulah masa kuliah saya dan teman-teman saya)

Sewaktu masih kuliah, setiap orang memegang data pribadi beberapaĀ teman lainnya. Mulai dari nama lengkap, NPM, sampai email dicatat lengkap. Data ini berguna untuk daftar seminar. Jadi, satu orang bisa mendaftarkan 5 orangĀ bahkan lebih. Tentunya, ditanya dulu sebelumnya, bersedia ikut atau tidak. Dan, kalo ada salah satu dari kami yang sedangĀ OL atau Online. Diusahakan mengecek studentsite kampus. Ya, karena dari sinilah kami bisa tahu kapan ada jadwal seminar.

Terkadang, kami juga tidak mengecek studentsite. Alasan klasiknya sih –> lupa. Nah, berbekal dari pengalaman inilah saya ingin membuat aplikasi desktop yang dapat terhubung dengan berita di studentsite. Jadi, kami tidak perlu repot-repot membuka situsnya.

Oke, daripadaĀ curhatnya makin panjang. Mending langsung aja deh kita liat screenshot aplikasinya

Widget ini saya buat menggunakan PyQt4

Widget ini saya buat menggunakan PyQt4

Mungkin, kalo diliat dari tampilan belum bagus-bagus amat. Tapi masalah ini bisa diperbaiki nanti. Selanjutnya, saya mau mencoba menjelaskan tentang jalannyaĀ program.

Aplikasi ini menggunakan modul pyqt untuk tampilan GUI nya. pyqt yang saya gunakan adalah pyqt 4. Karena hanya menggunakan 3 class dari module pyqt 4, maka saya hanya mengimport 3 class saja. Karena, kalau semuanya saya import jadinya mubazir dan bikin berat.

from PyQt4 import QtGui, QtCore, QtWebkit

Oh iya, saya juga menggunakan modul webbrowser karena, aplikasi ini akan membuka web browser.

import webbrowser

Setelah itu, url dari berita studentsite saya definisikan global. Karena, akan saya gunakan pada fungsi yang lain.

self.url = “http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php”

Ketika aplikasi ini dijalankan, akan langsung mengecek self.url dan menampilkannya ke QtWebkit.QWebView(self) yang saya definisikan sebagaiĀ self.berita. Berita ini tidak akan memperbarui secara otomatis. Karena memang belum saya atur. Tapi, pengguna bisa menggunakan tombol refresh untuk memperbarui berita.

Kegunaan dari tombol site adalah untuk membuka browser dan menampilkan situs studentsite. Jika teman-teman sudah membuka browser sebelumnya, maka situs studentsite akan tampil di tab baru.Ā 

Menu bantuanĀ sengaja tidak saya buat karena, ketika kursor mouse diarahkan ke tombol refresh atau site, akan muncul highlight yang isinya berupa informasi dari kegunaan tombol tersebut. Dan, ketika teman-teman ingin keluar dari aplikasi ini, akan muncul message box untuk konfirmasi apakah teman-teman ingin menutup aplikasi atau tidak.

Mungkin aplikasi ini sudah gak bermanfaat lagi buat saya. Maklum, saya sudah keburu lulus… šŸ˜€

Tapi, siapa tahu bisa jadi inspirasi buat temen-temen šŸ˜€

Tinggalkan Balasan

