Memasang Flash Player Di Web Browser Chromium (Manual)

chromium_iconHai…

Tulisan yang lalu, saya sempat menyinggung bahwa cara memasang flash player untuk browser tidak hanya satu cara. Kali ini, saya akan memberitahu cara yang lain dengan cara manual.

Emang agak ribet sih, tapi gak ada salahnya kalo kalian juga tahu cara ini. Karena, flash player yang tersedia di repository kemarin masih belum terlalu bagus bagi saya. Kadang, ada beberapa video yang ketika diputar hanya suaranya saja yang ada, gambarnya blank hitam. Bahkan ada yang tidak bisa diputar.

Demi menghemat waktu, mari ikuti langkah dibawah ini

  • Download flash player untuk linux disini
  • Seperti biasa, buka terminalnya šŸ˜€ . Lalu pindah ke folder dimana file .tar.gz tadi disimpan

cd Downloads/

  • Ekstrak file tersebut. Oh iya, isiĀ file .tar.gz :
    – libflashplayer.so
    – usr/

tar xvfz install_flash_player_11_linux.i386.tar.gz

Nah sebelum lanjut, saya mau kasih tahu duluĀ nih. semua isi paket yang sudah diekstrak dari .tar.gz harus dimasukkan ke dalam direktori plugins browser yang digunakan.Ā Kebetulan saya menggunakan chromium disini.

  • Karena saya tidak tahu letak chromium dimana, jadi saya cari dulu

whereis chromium

  • Setelah ketemu, saya masuk ke direktori chromium. Lalu saya cek isi direktori untuk memastikan bahwa, direktori plugins ada disini.

cd /usr/lib/chromium/

ls

  • Kemudian masuk ke direktori plugins

cd plugins/

  • Proses copy pun saya mulai

cp -r /home/123/Downloads/usr/ usr/

cp /home/123/Downloads/libflashplayer.so libflashplayer.so

  • Jika sudah, coba restart browser.
  • Kalau masih tidak bisa, coba masuk ke pengaturan plugin untuk enable flash player. Yang menggunakan chrome atau chromium ketik alamat ini dibagian bar alamat

chrome://plugins

chrome://plugins

chrome://plugins

Mudahkan?

Kelihatannya emang ribet sih. Tapi, kalo udah dicoba nggakĀ kok šŸ˜€

Tinggalkan Balasan

