Raspberry Pi: Suara tidak bekerja dengan monitor HDMI

Logo Raspberry Pi

Logo Raspberry Pi

Hhahaha… ๐Ÿ˜€

Kali ini saya mau meralat tulisan saya yang lalu. Karena sempat menulis

“suara tidak keluar dari tv, padahal menggunakan kabel hdmi dan sempat mencari solusi di r-pi troubleshooting dan forum, tetap saja belum berhasil.”

Sebenarnya, solusi yang ada di halaman r-pi troubleshooting sudah benar. Yang gak bener, saya kurang teliti ketika membaca tulisan disitus itu… Hhaha ๐Ÿ˜€

Tanpa perlu panjang lebar lagi, akan saya jelaskan langkah-langkahnya

  • Buka terminal, buka file config.txt

sudo nano /boot/config.txt

  • Hapus tanda # (pagar) pada script -> hdmi_drive = 2,dibaris ke 30.

# uncomment to force a HDMI mode rather than DVI. This can make audio work in
# DMT (computer monitor) modes
hdmi_drive=2

  • Restart Raspi

sudo reboot

  • Saatnya tes suara

aplay /usr/share/sounds/alsa/Front_Center.wav

Bagaimana, lancar?

Kalo ada salah satu dari temen-temen yang sudah pernah mengganti keluaran suara raspi dari hdmi menjadi headphones, coba ganti lagi ke pengaturan asal. Kalo lupa caranya, ini saya tulis ulang perintahnya.

amixer cset numid=3 <n>

catatan n: 0=auto, 1=headphones, 2=hdmi. Karena saya ingin keluaran suara melalui jack audio, maka huruf n diganti dengan angka 1.

 

Mudah-mudahan temen-temen gak ada kendala ketika mengikuti tutorial ini. Kalo masih ada yang belum bisa juga, silahkan tulis masalahnya dibagian komentar ๐Ÿ˜€

Tinggalkan Balasan

