OpenTTD : Permainan Simulasi Bisnis Tentang Transportasi

 

Logo Openttd

Logo Openttd

Nah, kali ini saya mau nge-review sedikit tentang game komputer kesukaan saya nih.. 😀

Game ini sebenernya udah jadul banget sih. Soalnya, gambar gamenya aja 11:12 lah ama gambar mario bros versi super nintendo 16 bit..

Nama gamenya openttd (Open Transport Tycoon Deluxe).

Kalo baca namanya, pasti sebagian dari temen-temen udah gak asing lagi nih sama nama “tycoon” 😀

Ya, game tycoon biasanya emang gak jauh-jauh dari hal yang berbau simulasi bisnis. Entah itu railroad tycoon, zoo tycoon, roller coaster tycoon, seaworld tycoon, dsb. Entah kenapa saya bisa jatuh hati sama game keluaran tycoon. Padahal, kalo diliat gamenya cuman begitu doang.

Game tycoon yang pertama kali saya mainkan adalah transport tycoon. Game ini men-simulasikan pemain sebagai pemimpin perusahaan yang bergerak dibidang transportasi. Mulai dari transportasi umum untuk masyarakat, surat, makanan, hingga aneka macam tambang.

Pilihan kendaraan transportasinya pun beragam. Ada pesawat terbang, kapal, kereta diesel, kereta listrik, trem, maglev, truk surat, truk kayu, bus umum, dll. Bingung mau pakai kendaraan yang mana? Terserah temen-temen sih mau pake kendaraan apa aja. Kan bisa dikondisikan sesuai dengan medan perjuangan 😀

Untuk game transport tycoon itu sendiri, sebenernya game berbayar. Nah, game yang kali ini saya pake adalah versi gratisnya. Openttd sebenernya bukan game transport tycoon buatan chris sawyer. Tapi, openttd mengikuti atau boleh dibilang meniru semirip mungkin game transport tycoon yang asli. Lisensi openttd ada dibawah GNU/GPL (General Public Lisence).

Kayaknya udah cukup yah prakatanya. Mending langsung liat screenshoot game nya yuk

Tampilan Awal OpenTTD

Tampilan Awal OpenTTD

Yap, inilah tampilan awal game openttd. Temen-temen bisa langsung memilih new game jika ingin langsung bermain. Tapi, kalo boleh saran nih, ada baiknya sebelum bermain temen-temen memilih check online content dulu. Soalnya ketika temen-temen install game ini, peta, kendaraan dan fitur bawaan lainnnya masih standar..

Update Game

Update Content Game

Nah, kalo temen-temen update content nya kan bisa ketemu peta pulau jawa 😀

Yah, emang baru pulau jawa sih yang ada disini. Tapi, kalo temen-temen mau ikut ngembangin game ini, siapa tahu pulau indonesia yang lain bisa muncul.

President

Sang President

Hhehe.. Berhubung saya yang maen, boleh dong kalo mau nampang dikit 😀

Nah, kalo temen-temen perhatikan, ada gambar bus berwarna hijau dibawah tahun. Warna hijau pada bus mewakili warna kendaraan perusahaan yang saya pimpin nih. Warnanya juga bisa diganti, tergantung selera. Oh iya, foto, nama president, nama perusahaan, nama kota juga bisa diedit. Yang gak bisa diedit cuman uang (kecuali pake cheat 😀 ).

Pulau Jawa - Indonesia

Pulau Jawa – Indonesia

Nah, inilah pulau jawa yang sudah saya download tadi. Kalo di zoom, nama kota disini masih pake nama asing. Kalo mau pake nama kota yang ada di indonesia, temen-temen bisa download di menu download content tadi.

Maaf nih, mungkin cuman bisa nge-review segini dulu. Kalo ada kesempatan, saya tambahin lagi review-nya 🙂

Gimana, menarik untuk memainkan game ini? temen-temen bisa download disini kok

Selamat bermain 😀

Tinggalkan komentar