Godot: Si Robot Game Engine

Logo Godot

Logo Godot

Sebenarnya, saat ini saya sedang ingin belajar membuat game dan animasi. Entah kenapa, kedua hal ini sedang menarik perhatian saya. Setelah saya mencari-cari akhirnya saya menemukan Synfig untuk animasi 2d dan Godot sebagai game engine.

Karena synfig sudah pernah dibahas, mari kita bahas makhluk yang satu ini…

Godot adalah game engine sumber terbuka yang dikembangkan dan dibawah lisensi MIT. Godot juga disponsori oleh studio game okam. Mungkin sebagian dari temen-temen ada yang sudah tidak asing dan sebagian lagi masih tidak mengetahui godot itu apa. Kalau saya lihat di blog resmi godot, aplikasi ini sudah dikembangkan dari tahun 2001. Hanya saja, aplikasi godot memang baru diluncurkan untuk umum pada awal tahun 2014.

godot-engine-releasedSebenarnya, game engine yang support untuk linux cukup banyak. Ada blender, panda 3d, citrus engine, ogre 3d, pygame, dll. Dan, belum dari semua game engine yang sudah disebutkan tadi sudah saya coba. Hanya beberapa saja yang pernah saya coba diantaranya, blender, ogre 3d, dan pygame.

Kalau boleh saya bandingkan, ogre 3d dan pygame merupakan game engine yang bagus. Hanya saja, keduanya full coding alias tampilannya tidak GUI dalam proses pembuatan game. Kalau untuk blender, tampilannya sudah GUI. Ya tentu saja, karena selain untuk game engine, blender juga biasa digunakan untuk membuat model 3d, animasi, dll. Hanya saja game yang sudah dibuat hanya bisa di export ke platform windows dan mac alias game nya hanya untuk PC. Belum bisa di export ke berbagai platform seperti, android, HTML 5, dan BB.

Nah, kekurangan yang saya sebutkan diatas sudah dijawab oleh godot. Karena, godot sudah mendukung tampilan GUI, dan dapat di export ke berbagai platform. godot_engine

Berikut ini screenshot untuk aplikasi godot:

Tampilan awal aplikasi godot

Tampilan ketika sedang mengerjakan game

Tampilan ketika export game

Sebenarnya, tidak ada aplikasi yang sempurna yang dapat memenuhi kebutuhan kita. Makanya, terciptalah berbagai macam aplikasi yang dapat memenuhi sebagian dari kebutuhan kita. Kalau sudah seperti itu, tinggal temen-temen yang memutuskan memilih. Aplikasi apa yang mau digunakan. Perlu diingat, engine game hanyalah sebuah alat. Alat yang dapat membantu kita dalam mewujudkan terciptanya sebuah game yang menarik, asik, dan keren, yang selama ini ada di imajinasi temen-temen semua.

Jadi.. apapun aplikasinya mau itu full coding atau pun tidak, imajinasi dan kreativitas temen-temenlah yang menentukan.. 😀

Silahkan temen-temen mengunjungi situs resmi godot untuk download dan mengetahui lebih jauh tentang game engine ini: http://www.godotengine.org

Akhir kata dari saya,
Yuk kita berkarya dengan software legal :)
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s