Memasang Steam Client Di Debian Wheezy

Steam Logo

Steam Logo

Hei, belakangan ini saya selalu diajak temen dikostan untuk bermain dota 2. Wah, sebagai gamers sejati, saya tidak bisa menolak tawaran tersebut (apasih… padahal, kalo main game aja gak pernah tamat 😀 )

Nah… kebetulan nih, ada baiknya saya membuat tutorial install steam client. Siapa tahu ada temen-temen disini yang mau main game dari valve. Maklum, kalo mau main game dari valve, kita mesti install melalui steam client… Hhehehe

Sebelum ke tutorial, ada baiknya kalian tahu info tentang steam client di linux… *Eng Ing Eeeeeeng*

  1. Steam membutuhkan jockey-common
  2. Sayangnya, jockey-common tidak tersedia di repositori debian

Waw banget infonya… 8)

Tanya: Terus, apa hubungannya sama steam client? Emang penting yah jockey-common? Kalo gak di install gimana?

Jawab: Kegunaan jockey-common adalah untuk antarmuka untuk konfigurasi driver pihak ketiga. Seperti driver nvidia, ati, dll. Kalo jockey-common gak di instal gimana? Hmmm… Kasih tau gak yah 🙂

Tanya: Lalu, kalau jockey-common tidak tersedia di repositori, kita mesti download dimana?

Jawab: Nah… jangan takut, jangan cemas sebentar lagi akan saya tunjukkan caranya B)

Yuk, siapin komputer, + koneksi internet 🙂

sudo sh steam-debian-depends.sh

sudo dpkg -i steam-debian_1.0.0.47-4_all.deb

  • Mudah-mudahan install nya lancar ya. Kalo ada masalah, misalnya error. Coba ketik perintah :

sudo apt-get -f install

  • Jika install sukses, ketik perintah :

steam-debian

  • Steam client yang berhasil di install
Update System

Update System

Steam Launcher

Login Steam

Tampilan Setelah Login

Tampilan Setelah Login

Pasti temen-temen banyak yang bingung, dari tadi kita tidak melakukan proses pemasangan jockey-common. Nah, mari saya jelaskan.

  • Ketika temen-temen mengunduh script steam-debian-depends.sh lalu menjalankannya, secara tidak langsung temen-temen sudah memasang jockey-common.
  • Karena, perintah sudo apt-get install jockey-common sudah ada didalam script tadi. Jadi, temen-temen tidak perlu repot-repot mengetikkan perintah install jockey-common.

Buat temen-temen yang sudah mencoba cara diatas dan berhasil, Alhamdulillah. Tapi… kalo ada yang belum, coba salin perintah error nya apa, lalu taruh di komentar. Biar kita bahas disini..

Saya mau berterima kasih kepada crunchbang.org karena, sudah menunjukkan link ke github testian. Dan launchpad.net 😀

Akhir kata dari saya,
Yuk kita berkarya dengan software legal :)
Iklan

Satu respons untuk “Memasang Steam Client Di Debian Wheezy”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s