Konversi .svg ke .sif menggunakan svg2sif

Lama juga males nulisnya

hmmm… maklum ya, saya lagi persiapan sidang nih.. Hhehehe.. Jadi lagi sibuk-sibuknya..

Berhubung sekarang udah banyak waktu kosong karena dapet jadwal sidang masih lama, saya mengisi waktu luang dengan belajar animasi. nama aplikasi yang digunakan synfig studio. banyak yang bilang, ini macromedia flash di linux..

Dari kemaren sempat bingung, karena inkscape gak bisa save file dalam bentuk format  .sif. Padahal, synfig hanya menerima ekstensi .sif.

Loh, apa hubungannya sama inkscape?

Hhehehe.. maaf maaf, lupa jelasin saya. untuk membuat objek di synfig, kita bisa membuatnya secara langsung di synfig atau pun dari aplikasi pengolah gambar vektor lainnya. yang jelas, aplikasi pengolah gambar vektor yang digunakan harus bisa export ke ekstensi .sif.

Nah.. setelah minta wangsit ke mbah, akhirnya saya menemukan situs ini https://github.com/nikitakit/svg2sif. disini saya bisa mengunduh paket yang dibutuhkan. nama paket itu adalah svg2sif. Setelah diunduh, saatnya memasang svg2sif ke inkscape.
Ikuti langkah berikut:

  • ekstrak file svg2sif-master.zip
  • Buka terminal, masuk sebagai root. kemudian ketik nautilus
  • Setelah jendela nautilus terbuka, copy file yang telah diekstrak tadi lalu paste ke direktori /usr/share/inkscape/extensions/
  • Setelah melakukan langkah diatas, buka inkscape lalu pilih menu exstensions. cari tulisan synfig -> prepare for export
  • Setelah itu, pilih menu file -> save a copy -> pilih ekstensi .sif
  • Kalo sudah selesai, silahkan  bereksperimen… Hhahaha

 

Bagaimana, mudah bukan?
Silahkan bersenang-senang dengan synfig dan inkscape ya… 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s